Mengukur Kinerja Unit Usaha
Untuk mengkomunikasikan tujuan yang terkait dan multiple yang perusahaan harus capai untuk berasing atas dasar kemampuan dan Inovasi, bukan sekedar Tangible Fisical Assets.
Menerjemahkan Misi dan Strategi ke dalam tujuan dan ukuran yang di organisasi kedalam 4 Perspektif.
1. Financial
2. Customer
3. Internal Business Process
4. Learning and Growth
1. Perspektif Financial
- Memiliki nilai dalam merangkum konsekuensi tindakan ekonomi yang telah di lakukan secara terukur.
- Merupakan Indikasi apakah implementasi dan pelaksanaan strategi yang di lakukan untuk perusahaan memiliki kontribusi perbaikan terhadap Bottom LIne.
- Laba Operasi
- ROE
- EVA
- CASH FLOW
2. Perspektif Customer
- Mengindentifikasi segmen pelanggan dan pasar dimana unit usaha akan bersaing dan ukuran kinerja unit usaha dalam segmen yang di targetkan.
Ukuran Keluaran Inti :
- Kepuasan Pelanggan
- Retensi Pelanggan
- Perolehan Pelanggan Baru
- Profitabilitas Pelanggan
- Adanya Value Proposition
- Memungkinkan manajer unit usaha untuk mengartikulasikan strategi pelanggan uniknya.
3. Perspektif Internal Business Process
- Memungkinkan untuk mendeliver value Proposition, Memuaskan ekspektasi pemegang saham.
- Difokuskan pada proses internal yang akan memiliki dampak terbesar pada kepuasan pelanggan dan mencapai tujuan organisasi
- Inovasi
Unit usaha meneliti kebutuhan berkembang, kemudian menciptakan produk atau jasa yang akan memenuhi kebutuhan tsb.
- Operasi
Menunjukkan perjalanan singkat
- Purna Jual
mencakup aktivitas jaminan dan perbaikan
Pendekatan tradisional
- Memonitor proses bisnis yang ada
- Fokus pada proses deliveri produk atau jasa hari ini untuk pelanggan hari ini
Pendekatan Balance Score Card
- Mengindentifikasi proses baru seluruhnya di mana organisasi harus unggul untuk memenuhi tujuan pelanggan dan finansial.
- Memasukan inovasi kedalam perspektif internal business process.
4. Perspektif Learning and Growth
- Mengindentifikasi infrastruktur yang organisasi harus bangun untuk menciptakan dan perbaikan jangka panjang
- Pembelajaran dan pertumbuhan orang datang dari tiga sumber penting
a. Pekerja, sistem, dan prosedur organisasi
- Ukuran keluaran generik berbasis karyawan dan perspektif learning and growth adalah : Kepuasan karyawan , retensi karyawan, pelatihan karyawan, dan keahlian karyawan.
Dengan Balance Score Card
Perusahaan dapat mengukur bagaimana unit usaha menciptakan nilai untuk pelanggan kini dan mendatang, bagaimana harus membangun dan meningkatkan kemampuan internal, dan investasi pada Sumber Daya Manusia.
4 Perspektif Memungkinkan Balance
- Antara tujuan jangka pendek (ROI) dan Jangka panjang
- Antara ukura eksternal (stockholder) pelanggan dan ukuran internal
- Keluaran yang di inginkan (Outcome) dan penggerak kinerja
- Ukuran objektif dan ukuran subjektif
Strategi
Adalah sekumpulan hipotesis mengenai sebab-akibat
Ukuran Diagnostic
adalah ukuran yang di gunakan untuk memonitor apakah bisnis dalam kendali dan dapat memberikan sinyal ketika kejadian yang tidak biasa terjadi yang memerlukan perhatian segera.
Ukuran Strategis
adalah ukuran yang dirancang untuk keunggulan persaingan dan kesuksesan masa depan.
Balance Score Card
Penelitian dan pengembangan
- Sesuai manfaat yang di janjikan
- Kehandalan produk
- Ketiadaan efek samping
Kelemahan
- Prosedur Bio Engineering cukup mahal
- Investasi ekstensif pada peralatan baru
- Berbasis Komputer
Pabrikasi
- Terbaik dalam industri
Pengukuran Kinerja
- Research and Development
- Produksi
- Pemasaran
- Penjualan
- Fungsi Administratif
ROCE = RETURN ON COMPANY EMPLOYEE
BSC : Sebagai suatu cara konstruktif untuk menyeimbangkan tujuan finansial jangka pendek dengan kinerja perusahaan janga panjang (BILL BARON)
Strategi Bisnis
1. Mengelola Portofolio Investasi
2. Memuaskan kebutuhan pelanggan
3. Mendorong tanggung jawab kepada management paling bawah, meminimalisir biaya overhead staff.
4. Pengembangan karyawan
Source:
http://marketingteacher.com/lesson-store/lesson-balanced-scorecard.html
http://www.balancedscorecard.org/BSCResources/TheNineStepstoSuccess/tabid/58/Default.aspx
Tidak ada komentar:
Posting Komentar